Jumat, 15 November 2013

Awal mula BBM di BlackBerry



Apa yang kita ketahui tentang BBM di:
Dalam perangkat apapun tentunya ada sebuah istilah – istilah penting yang harus diketahui oleh penggunanya. Seringnya istilah penting tersebut berupa singkatan – singkatan yang sulit dipahami oleh pengguna yang masih pemula tanpa adanya petunjuk. Oleh karena itu, kami disini ingin memberikan pengetahuan kepada anda mengenai istilah dan singkatan penting di BBM atau Blackberry Messenger. yup, memang belum banyak yang tahu arti kata singkatan dan istilah penting di Blackberry, sehingga anda akan dengan mudah mengetahui maksudnya dalam waktu yang singkat.
Mengenai manfaat dari mengetahui istilah dan singkatan penting di BBM bisa anda rasakan saat anda menggunakan aplikasi BBM itu sendiri. Pokoknya banyak gunanya, setelah anda mengetahui arti dari singkatan – singkatan di BBM. Oke langsung saja, tidak perlu berpanjang lebar, silahkan anda simak daftar istilah penting di BBM yang harus anda ketahui berikut ini. Namun satu hal yang harus anda ketahui bahwasannya peran dari istilah ini tidak sama dengan peran aplikasi blackberry, di perangkat blackberry anda. Perannya lebih mendasar dan penting.


Demikan pula banyak sebutan-sebutan didalam BBM tersebut ;

1. BC (broadcast).
Inilah istilah yang paling sering didengar. Sebuah fitur BB yang membuat kita bisa mengirim berita ke seluruh kontak yang kita punyai. Hati-hati memakai fitur ini. Ada sebagian kontak kita yang mungkin tidak berkenan menerima BC dari kita. Mungkin dia tetap berkawan, tetapi bisa jadi dia mulai mengambil jarak dengan anda.
2. BIS (BlackBerry Internet Service)
Inilah layanan dari ISP yang menyediakan akses ke jaringan internet di BlackBerry melalui jalur RIM. Dalam hal ini operator telekomunikasi akan menentukan tingkat keamanan dari server ke device pengguna melalui enkripsi data dan bertindak sebagai pengontrol server layanan yang menentukan aplikasi yang aktif di device serta interaksinya ke jaringan internet.
3. Ping Me (PING!!! saya),
Sama seperti fasilitas BUZZ di Yahoo Messenger. Bisa dilakukan untuk mengecek status seseorang.
4. BM (Blackberry Message).
Chating ala BB. Bukan dalam grup.
5. PM (Personal Message),
PM adalah status Profil BBM kita, sama dengan status di facebook. Saat ini status ini bisa dihubungkan dengan aplikasi Twitter, FB dll, sehingga status kita bisa berubah-ubah, sesuai dengan aktifitas kita.
6. Delcont (Delete Contact).
Hapus kontak di BB.
7. Invite.
Undang sebagai anggota BB Group atau undang sebagai salah satu kontak di BB.
8. Gadeliv / GDLV (Gak Delivered)
Bisa diartikan sebagai status kiriman data (dalam chat BB) yang deelay atau pending, atau belum terkirim.
9. DP (Display Picture).
Foto Profil BBM atau gambar profil BlackBerry Messenger yang membantu menunjukkan siapa kita. Banyaknya nama yang sama di BB akan memudahkan kita kalau pemilik BB memasang DP dia sendiri dan bukan foto/gambar orang lain (anak/istri atau binatang peliharaan).
10. Share,
Biasanya dilakukan setelah mendapat BC dan ingin meneruskan ke kontak BB -nya, bis ajuga hany asekedar berbagi info tertentu yang didapatnya.
11. TC (Test Contact)
Hanya sekedar test contact. Tidak perlu dibalas, bisa diabaikan saja, kecuali kalau kita malah jadi ingin melakukan BM dengan pengirim TC.
12. BES (BlackBerry Enterprise Server)
Layanan yang menyediakan akses ke jaringan internal korporat atau intranet suatu perusahaan. Dengan demikian kita tetap bisa berkomunikasi dengan jaringan internal perusahaan, biarpun kita tidak tersambung ke jaringan lokal. Dulu biaya BES (termasuk BIS) sebesar 450 ribu per bulan. Saat ini mungkin sudah jauh turun harganya. Indosat mematok biaya sekitar 350 ribu per bulan untuk paket BES on demand.

Sumber ;
www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar