BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam proses pencatatan disebuah
pemancingan ikan untuk menghitung jumlah per-kilogram ikan yang didapat,yang
masih menggunakan metode tradisional dengan menggunakan kertas,para peserta
pemancing akan menunggu lama,tentunya dalam setiap pemancingan kita akan
membutuhkan kertas untuk mengetahui sebarapa banyak ikan yang kita dapat dan
yang didapat oleh pemancing yang lain
nya.Kemudian lembar kertas yang dicatat oleh para panitia pemancingan akan
dikumplkan dan di tulis di papan untuk melihat hasil yang paling banyak didapat
oleh peserta yang mana.
Pada proses pengumpulan dan penilaian seseorang
petugas harus memeriksa begitu banyak lembar kertas para pemancing,menghitungnya
dan memasukkan nilainya ke dalam komputer atau sistem yang ada. Jika hanya ada
beberapa peserta pemancing saja yang mendapatkan hasil ikan banyak maka tidak akan menjadi masalah yang membuat hasil
penilaian lama. Tetapi jika sedang ada kompetisi maka akan menjadi sebuah
pekerjaan yang sangat lama dan membutuhkan banyak petugas untuk mencatat dan
menilai semua nya.maka akan sangat membuang-buang waktu saja menjadi tidak
efisiensi.
1.2 Batasan Masalah
Masalah yang
dibahas dalam penulisan ilmiah ini adalah aplikasi untuk membantu para
pemancing yang ingin mengetahui hasil yang akurat dan cepat yang berbasis web
yang berfungsi untuk menampilkan berapa kilogram ikan yang didapat oleh para
peserta,serta berapa uang yang harus para peserta bayar untuk harga perkilogram
ikan tersebut.maka para peserta pemancingan tersebut tidak merasa dibohongi
oleh panitia pemilik dari pemancingan tersebut.dan mereka pun akan mendapatkan
hasil yang transpalasi dari pihak-pihak yang bertanggung jawab.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari
penulisan ini adalah untuk membuat aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan
petugas menampilkan hasil dari para peserta pemancingan, dan dapat menghemat
waktu serta tenaga dalam memeriksa dan memasukan nilai dari total pendapatan
ikan. Diharapkan aplikasi ini dapat digunakan dipergunakan dalam setiap
pemancingan yang sedang mengadakan tournament pemancingan.
1.4 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah dengan
menggunkan pendekatan metode SDLC (System
Development Life Cycle).
Fase identifikasi, pada
fase ini adalah mengidentifikasi masalah yang ada yaitu pemborosan waktu dalam
menentukan hasil akhir di sebuah pemancingan tradisional. Jika peserta dalam jumlah
yang banyak tentunya akan menjadi kendala bagi panitia penyelenggara
pemancingan.Sehingga diperlukan suatu upaya untuk mempermudah pekerjaan
tersebut.
Fase analisis, pada fase
ini adalah memecahkan masalah dalam pembuatan aplikasi ini agar terlihat dengan
jelas hal-hal yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan aplikasi,
mengumpulkan dan mempelajari berbagai sumber pustaka yang berhubungan dengan
Codeigniter, basis data sesuai dengan pemancingan berbasis online.
Fase rancangan dimulai
dengan merencanakan basis data, cara kerja aplikasi dan bentuk tampilan
aplikasi. Setelah merancang basis data dan cara kerja aplikasi maka selanjutnya
adalah merancang tampilan aplikasi. Setelah itu maka akan dibuat baris program
dengan menggunakan notepad++.
Fase uji coba akan
dilakukan pada komputer dengan spsifikasi processor Intel Core 2 Duo T7300 2,0
GHz, RAM 3 GB, hardisk 160 GB, VGA up to 512 ATI Mobility Radeon HD2400 XT
Hyper Memory. Setelah aplikasi dapat berjalan dengan baik pada komputer maka
dapat dilakukan uji coba dengan menggugah aplikasi tersebut ke suatu web hosting .
1.5 Sistematika
Penulisan
Penulisan ilmiah ini
terdiri dari 4 (empat) bab, yakni bab 1 (satu), bab 2 (dua), bab 3 (tiga) dan
bab 4 (empat).
Bab 1 adalah pendahuluan,
pada bab ini penulis akan menguraikan latar belakang masalah, batasan masalah,
tujuan penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisan yang merupakan
garis besar atau gambaran umum dari ini penulisan ini.
Bab 2 adalah landasan
teori yang menunjang penulisan ini dimana pada bab ini akan berisikan
teori-teori yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pemancingan online ini, membahas tentang aplikasi
web, pengantar PHP karena Codeigniter merupakan framework dengan bahasa pemrograman dasar PHP, basis data , lalu
kemudian mengenai ERD dan flowchart.
Bab 3 adalah rancangan
pembuatan aplikasi yang dimulai dengan membuat rancangan basis data, rancangan
aplikasi dan rancangan tampilan.
Bab 4 adalah penutup yang
berisikan tentang kesimpulan dan saran dari penulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar