Sabtu, 27 April 2013

contoh karangan ilmiyah


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Dalam proses pencatatan disebuah pemancingan ikan untuk menghitung jumlah per-kilogram ikan yang didapat,yang masih menggunakan metode tradisional dengan menggunakan kertas,para peserta pemancing akan menunggu lama,tentunya dalam setiap pemancingan kita akan membutuhkan kertas untuk mengetahui sebarapa banyak ikan yang kita dapat dan yang didapat oleh  pemancing yang lain nya.Kemudian lembar kertas yang dicatat oleh para panitia pemancingan akan dikumplkan dan di tulis di papan untuk melihat hasil yang paling banyak didapat oleh peserta yang mana.
Pada proses pengumpulan dan penilaian seseorang petugas harus memeriksa begitu banyak lembar kertas para pemancing,menghitungnya dan memasukkan nilainya ke dalam komputer atau sistem yang ada. Jika hanya ada beberapa peserta pemancing saja yang mendapatkan hasil ikan banyak maka  tidak akan menjadi masalah yang membuat hasil penilaian lama. Tetapi jika sedang ada kompetisi maka akan menjadi sebuah pekerjaan yang sangat lama dan membutuhkan banyak petugas untuk mencatat dan menilai semua nya.maka akan sangat membuang-buang waktu saja menjadi tidak efisiensi.

1.2 Batasan Masalah
            Masalah yang dibahas dalam penulisan ilmiah ini adalah aplikasi untuk membantu para pemancing yang ingin mengetahui hasil yang akurat dan cepat yang berbasis web yang berfungsi untuk menampilkan berapa kilogram ikan yang didapat oleh para peserta,serta berapa uang yang harus para peserta bayar untuk harga perkilogram ikan tersebut.maka para peserta pemancingan tersebut tidak merasa dibohongi oleh panitia pemilik dari pemancingan tersebut.dan mereka pun akan mendapatkan hasil yang transpalasi dari pihak-pihak yang bertanggung jawab.

1.3 Tujuan Penulisan
            Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan petugas menampilkan hasil dari para peserta pemancingan, dan dapat menghemat waktu serta tenaga dalam memeriksa dan memasukan nilai dari total pendapatan ikan. Diharapkan aplikasi ini dapat digunakan dipergunakan dalam setiap pemancingan yang sedang mengadakan tournament pemancingan.

1.4 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah dengan menggunkan pendekatan metode SDLC (System Development Life Cycle).
            Fase identifikasi, pada fase ini adalah mengidentifikasi masalah yang ada yaitu pemborosan waktu dalam menentukan hasil akhir di sebuah pemancingan tradisional. Jika peserta dalam jumlah yang banyak tentunya akan menjadi kendala bagi panitia penyelenggara pemancingan.Sehingga diperlukan suatu upaya untuk mempermudah pekerjaan tersebut.
            Fase analisis, pada fase ini adalah memecahkan masalah dalam pembuatan aplikasi ini agar terlihat dengan jelas hal-hal yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan aplikasi, mengumpulkan dan mempelajari berbagai sumber pustaka yang berhubungan dengan Codeigniter, basis data sesuai dengan pemancingan berbasis online.
            Fase rancangan dimulai dengan merencanakan basis data, cara kerja aplikasi dan bentuk tampilan aplikasi. Setelah merancang basis data dan cara kerja aplikasi maka selanjutnya adalah merancang tampilan aplikasi. Setelah itu maka akan dibuat baris program dengan menggunakan notepad++.
            Fase uji coba akan dilakukan pada komputer dengan spsifikasi processor Intel Core 2 Duo T7300 2,0 GHz, RAM 3 GB, hardisk 160 GB, VGA up to 512 ATI Mobility Radeon HD2400 XT Hyper Memory. Setelah aplikasi dapat berjalan dengan baik pada komputer maka dapat dilakukan uji coba dengan menggugah aplikasi tersebut ke suatu web hosting .           

1.5 Sistematika Penulisan
            Penulisan ilmiah ini terdiri dari 4 (empat) bab, yakni bab 1 (satu), bab 2 (dua), bab 3 (tiga) dan bab 4 (empat).
            Bab 1 adalah pendahuluan, pada bab ini penulis akan menguraikan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisan yang merupakan garis besar atau gambaran umum dari ini penulisan ini.
            Bab 2 adalah landasan teori yang menunjang penulisan ini dimana pada bab ini akan berisikan teori-teori yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pemancingan online ini, membahas tentang aplikasi web, pengantar PHP karena Codeigniter merupakan framework dengan bahasa pemrograman dasar PHP, basis data , lalu kemudian mengenai ERD dan flowchart.
            Bab 3 adalah rancangan pembuatan aplikasi yang dimulai dengan membuat rancangan basis data, rancangan aplikasi dan rancangan tampilan.
            Bab 4 adalah penutup yang berisikan tentang kesimpulan dan saran dari penulis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar