Kamis, 08 November 2012

Pengenalan Prolog

Prolog adalah singkatan dari Programming in Logic , yang berarti pemrograman logika. Program ini menggunakan bahasa deklaratif dimana pemrograman memberi fakta dan aturan untuk selanjutnya diselesaikan oleh Prolog  secara deduktif sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Prolog sangat cocok digunakan untuk mengimplementasikan sistem pakar.


Guna Bahasa Prolog
Prolog menyelesaikan permasalahan secara deduktif atau menurunkan kesimpulan sebagai jawaban berdasarkan fakta (fact)  dan aturan (rule) dengan pencarian dari atas ke bawah.
Perbedaan antara bahasa deklaratif dengan prosedural sebagai berikut:
  1. Bahasa deklaratif hanya membutuhkan deklarasi atau uraian masalah sedangkan pada bahasa prosedural memerlukan perintah.
  2. Prolog adalah goal oriented yaitu apa yang harus dipecahkan, sedangkan bahasa prosedural menjawab bagaimana harus memecahkan masalah.
  3. Prolog tidak memiliki struktur seperti deklarasi, dan lain-lainnya, yang ada hanyalah clause

Struktur Prolog
Struktur Bahasa Prolog terdiri dari: Domains, Predicates, Clauses dan Goals. Secara lengkap dapat dijelaskan sebagai berikut:
DOMAINSDomains menyatakan jenis suatu variabel. Ada beberapa domains standar yang dapat digunakan dalam prolog yaitu char, integer, string, symbols.
Contoh:DOMAINS
orang=symbols
matakuliah=string
angka=integer



·         Jenis-jenis Prolog
Ada empat jenis prolog yang diketahui, yaitu:1.  Strawberry prolog,2.  Visual prolog3.  SWI prolog4.  Turbo prologDan dari keempat jenis prolog di atas, yang penulis gunakan dalam games dan untuk menyelesaikan makalah ini adalah menggunakan Strawberry Prolog. 

sumber:google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar