Minggu, 10 Juni 2012

Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia

1. PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI
Bicara mengenai pmbangunan dan pertumbuhan ekonomi rasanya terasa begitu sulit dan rumit. namun ada baiknya kita mengetahui apa itu pembangunan ekonomi.
Pembangunan ekonomi pasa dasarnya ialah  suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang.

Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi (economic growth). mengapa demikian?
karena,pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.
pembangunan ekonomi sendiri terdiri dari tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi yaitu :
a.Pembangunan sebagai suatu proses
b.Pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita
c.Peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung dalam jangka panjang.


Setelah kita mengetahui apa itu pertumbuhan ekonomi dan faktor apa yang menyebabkan itu terjadi,
sekarang saya akan membahas mengenai "pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia". pembangunan ekonomi di indonesia beberapa tahun terakhir khususnya pada tahun 2011 mengalami pertumbuhan sekitar 6,3-6,5 % pada empat bulan terakhir. ini merupakan kabar gembira untuk masyarakat, walaupun sebelumnya sempat anjlok karena angka ekspor.

Seperti yang telah di lansir oleh BPS, Angka ini menghapus keraguan akan memburuknya pertumbuhan ekonomi di indonesia yang sempat melemah pada bulan desember 2011 yang hanya mencapaoi 2,10%. tidak hanya BPS , Ekonom UGM,Tony presetyantono memperkirakan'"perekonomian indonesia tumbuh 6,5% pada kuartal IV tahun lalu, sehingga rata-rata sepanjang tahun berada pada kisaran yang sama".

Keyakinan tersebut didasarkan pada peran belanja pemerintah yang mengalami akselerasi cukup tinggi di tiga bulan terakhir 2011 sehingga memberikan dorongan
signifikan terhadap pembentukan produk domestic bruto (PDB). oleh karena itu perkiraan-perkiraan yang telah disampaikan oleh BPS dan Ekonom UGM menjadi suatu acuan bagi
pemerintah,agar kedepannya pertumbuhan ekonomi di indonesia harus terus di maksimalkan agar kedepannya hasilnya bisa semakin baik dan kesejahteraan masyarakat yang di indonesia
yang selama ini dilihat kurang baik menjadi  baik. semoga saja

Sumber Bacaan :
http://www.bisnis.com/articles/ekonomi-ri-2011-diprediksi-tumbuh-6-5-percent-tahun-ini-6-3-p
http://id.wikipedia.org/wiki/Pembangunan_ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar